Saturday, October 31, 2009

Memilih bacaan buat anak

Saya memang hobi sekali hunting buku anak. Anak, ibarat kertas yang masih putih bersih, tergantung bagaimana kita memberikan input, apa yang akan dituliskannya dalam "kertas kehidupan". Buku adalah salah satu cara yang saya suka untuk memberikan input positif tersebut :)
Input positif! makanya itu memilih buku juga harus hati2, dan pilihlah buku yang mengajarkan nilai-nilai positif dalam kehidupan. Saya juga sangat selektif memilih bacaan. Seperti tadi saya menemukan buku yang sangat lucu sekali ttg Hide and Seek Dinosaur. Ceritanya tentang dinosaurus bermain petak umpet dengan penduduk hutan. Dan serunya bukunya bisa dilipat, ditarik, dan macam-macam..., seperti ini:



Kayaknya anak2 bakal suka dengan petualangan si Dinosaur mencari teman2nya di hutan. Dan saya memang suka dengan buku yang berbau petulangan, mengasah imajinasi serta rationale thinking anak2.
Tapi setelah mengamati baik2, ada kata2 dalam buku ini, misalnya:
"Can you find a big, bad creature? He`s the one with longest teeth?"
Wah koq ada yang dibilang binatang yang jelek? Saya ga ingin saja menanamkan pada anak2 bahwa buaya itu binatang yang jelek atau jahat. Dan percaya apa enggak, anak-anak itu bisa mengembangkan kata "jelek" pada konteks lain, seperti "mama jelek", "kamu jelek". Walau dari hal kecil, kata-kata seperti itu akan membentuk citra diri anak. Menurut artikel yang pernah saya baca, kalau kata-kata anak mengandung unsur2 positif anak2 akan memnbentuk citra diri positif, tapi sebaliknya kata-kata negatif akan membentuk citra diri negatif.
Jadi saya cenderung menghindari buku2 yang mengandung kata dan hal negatif.
Saya suka buku yang mengasah kreatifitas dan daya imajinasi anak seperti ini , atau mengajarkan nilai positif pada anak seperti ini, dan juga suka dengan hal-hal yang berbau alam. Untuk anak yang masih bayi, pada intinya sih kenalkan dengan sebanyak mungkin hal..., berikan input positif pada mereka :)

Happy Parenting :)

mega

No comments:

Post a Comment